Food

5 Aneka Abon Ikan yang Bernutrisi Tinggi

Tahukah kamu mengonsumsi abon ternyata selain simpel juga memiliki nutrisi yang tinggi? Biasanya kebanyakan dari kita sering kali mengonsumsi abon sapi. Namun, ternyata abon banyak ragamnya lho eatciousnesian~~~

Banyak banget manfaat yang diperlukan oleh tubuh kita dan terdapat pada abon ikan. Abon ikan merupakan makanan yang awet dan aman dibawa bepergian, maka dari itu sering kali dipilih menjadi oleh-oleh ataupun buah tangan dari suatu daerah. Eggak perlu panjang lebar lagi nih, simak lima abon ikan yang bernutrisi tinggi berikut ini yuk!

Ragam Abon Ikan

Abon ikan untuk asupan gizi eatciousnesian via agrowindo.com
Abon ikan untuk asupan gizi eatciousnesian via agrowindo.com

1. Abon Ikan Lele

Kamu pernah mencicipi abon ikan yang satu ini? Terdengar aneh dan cukup unik, abon ikan lele ternyata mudah didapat dengan harga yang cukup murah lho! Nah sebagaimana yang kita ketahui bahwa ikan lele merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi di kalangan masyarakat.

Pembuatan abon ikan lele ini bertujuan untuk mengolah ikan tanpa mengurangi nilai protein yang terdapat pada ikan lele itu sendiri. Jadi kamu nggak perlu khawatir, tetap bisa mengonsumsi ikan lele dengan cara pengolahan cukup dengan abon ikan lele. Apa aja sih manfaat dari abon ikan lele ini? Ternyata abon ikan lele bermanfaat bagi tubuh kita karena rendah kalori dan rendah lemak, sumber protein lengkap, sumber vitamin B12, rendah merkuri, dan mengandung asam lemak sehat. Wah, nggak nyangka ya, sebanyak itu manfaatnya.

2. Abon Ikan Tuna

Ya sesuai dengan namanya, abon ikan tuna ini adalah jenis makanan awetan yang terbuat dari ikan tuna yang diberi bumbu, dan diolah dengan cara perebusan, penyeratan, dan penggorengan. Oiya, untuk informasi nih sejak dahulu kala ikan tuna memang selalu menjadi salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi, karena selain rasanya yang enak, kandungan gizinya juga cukup tinggi.

Siapa sih yang nggak kenal dengan ikan yang satu ini. Nah, abon ikan tuna ini cukup menarik karena hasil olahan dari ikan ke abon membuat produk yang dihasilkan ini mempunyai bentuk dan tekstur yang lembut, rasanya yang enak dan baunya yang khas, serta mempunyai daya awet yang relatif lama. Abon ikan tuna juga seringkali dijadikan buah tangan untuk bepergian ke kota ataupun negara yang relatif jauh. Serta bisa dijadikan bekal juga lho di perjalanan.

3. Abon Ikan Salmon

Lanjut ke abon ikan lainnya berikut nggak kalah menariknya nih. Ya, abon ikan salmon. Ikan salmon merupakan jenis ikan yang banyak disukai karena tekstur dagingnya yang enak dan juga bermanfaat untuk tubuh. Sebagaimana yang kita ketahui ikan salmon memiliki manfaat bagi tulang, kulit serta baik untuk kamu yang menderita penyakit jantung.

Serta masih banyak lagi kandungan gizi lainnya yang tinggi membuat ikan salmon banyak diminati oleh masyarakat. Wajar saja jika ikan yang satu ini dibandrol dengan harga yang tinggi. Nggak masalah dengan harga tinggi kamu akan puas dengan rasa ikan yang enak. Apalagi abon ikan salmon, juga enak lho.

4. Abon Ikan Bandeng

Ikan bandeng ini sejak dulu memang sudah terkenal akan rasanya yang gurih dan khas. Berbeda dengan ikan lainnya, ikan bandeng memang paling banyak diolah menjadi berbagai bentuk masakan. Apalagi ikan yang satu ini memnag terkenal sebagai ikan yang banyak diolah menjadi buah tangan ataupun oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia.

Maka dari itu, ikan ini juga sudah banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia, jadi ketersediaannya pun sangat melimpah. Selain rasanya yang enak, ikan bandeng ini punya kandungan gizi dan protein yang cukup tinggi, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi si kecil.

5. Abon Ikan Patin

Ikan patin mempunyai serat yang kasar dan tidak mengandung banyak tulang. Ikan patin ini sudah banyak dikenal sebagai ikan penghasil daging karena komposisi dan pertumbuhan dagingnya relatif lebih baik dibandingkan ikan yang lainnya.

Abon ikan patin juga dihasilkan menjadi olahan makanan yang sangat awet dan tahan lama, dan tak luput dari nilai kandungan protein yang tinggi. Jadi, kamu sudah penasaran dengan kelima abon ikan di atas? Jangan lupa untuk mencicipi keseluruhan varian ikan ya. Makan ikan lebih baik. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah dimuat di Kumparan pada tanggal 24 Oktober 2018. Baca artikelku seputar kuliner yuk eksklusif di kumparan.com/dinialvionita

Tags
Show More

Dini Alvionita

I am a food blogger, love eating, love traveling, love reading books, and many more. Please currently contact me at Instagram @vioni.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close